Assalamualaikum wr.wb
Hai sobat pelajar
Kali ini saya akan ngepost tentang SOP atau Standart Operasional Prosedur
A. PENGERTIAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi
kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses
penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan
harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan
Atau terdapat testimoni dari seorang tokoh yang bernama Tjipto Atmoko mengatakan bahwa Standart Operasional Prosedure merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator - indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan
Lalu apa manfaat dari SOP tersebut? ini dia jawabannya
1. sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai
dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan
tugasnya.
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang
mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam
melaksanakan tugas.
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan
tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan
organisasi secara keseluruhan.
4. Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak
bergantung pada intervensi manajemen, sehingga
akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam
pelaksanaan proses sehari-hari.
5. Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan
memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki
kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang
telah dilakukan.
7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan
pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai
situasi.
8. Memberikan informasi mengenai kualifikasikompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam
melaksanakan tugasnya.
9. Memberikan informasi dalam upaya peningkatan
kompetensi pegawai.
10. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang
dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan
tugasnya.
Dari paparan diatas, SOP Berfungsi sebagai Mmpelancar tugas dari petugas atau pegawai kerja, Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan, mengetahui dengan jelas hambatan - hambatan dan mudah dilacak, mengarahkan petugas atau pegawai untuk sama - sama disiplin dalam melaksanakan pekerjaan atau suatu tugas, serta sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin. Oleh karna itu diperlukan standar - standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara serius untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan atau instansi lainnya.
Kesimpulan: Standart Operasional Prosedure atau SOP merupakan serangkaian intruksi kerja yang dibakukan mengenai proses penyelenggaraan administrasi Suatu instansi kapan, bagaimana akan dilakukan dan ditujukan kepada siapa
Referensi
https://www.google.com/search?site=&tbm=isch&source=hp&biw=743&bih=611&q=standard+operating+procedures&oq=standart+oper&gs_l=img.3.0.0i10i24k1l2j0i24k1l2.2421.13209.0.14596.19.17.0.0.0.0.629.2195.0j4j3j1j0j1.9.0....0...1ac.1.64.img..10.9.2187...0j0i10k1j0i19k1.5Vfa0zWnX3w#imgrc=vOoSaCFWe_v1LM%3A
Mungkin Hanya itu yang dapat saya Share pada kesempatan kali ini
Semoga Bermanfaat bagi sobat pelajar di manapun berada
Nunn... Walqalami wama yasthuruun
Wassalamualaikum wr.wb

Komentar
Posting Komentar
Untuk Kritikan, Saran, dan Komentar bisa disampaikan di kolom komentar dibawah
Semoga bermanfaat!!