Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya ingin share kepada teman" mengenai Manajemen Proyek
A. Pengertian
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek
B.Latar Belakang
Banyaknya pekerja di bidang IT bekerja tidak berdasarkan manajemen Proyek, Sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih rumit dan lama
C. Maksud dan Tujuan
Agar Pekerja dalam bidan IT maupun bidang lain menerapkan prinsip manajemen proyek guna mengoptimalkan pekerjaan
D. Peralatan
PC
Projector
Terkoneksi ke internet bila dibutuhkan
E. Jangka Waktu
Untuk penerapan atau pengenalan membutuhkan waktu sekitar 20 menit
F.Langkah - langkah
Setelah kita mengetahui apa itu manajemen proyek sesuai dari pengertian bag.A diatas tadi. Kita masuk ke penjelasan Manajemen Proyek. Menurut George R. Terry, orang yang merumuskan Prinsip Manajemen Proyek. Menurut beliau Manajemen Proyek adalah P,O,A,C
yaitu Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Pertama kita masuk ke Planning. Atau Perencanaan. Menurut Wiki perencanaan ialah PATOKAN untuk mempermudah menejer agar tercapainya sebuah tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
jadi setiap apapun Program Kerja yang akan kita lakukan, kita harus mempersiapkan dengan matang perencaan tersebut. Harus se Konkrit'nya. Sebab di perencanaan ialah 60% dari suatu Pekerjaan. Apabila perencanaan telah sempurna, maka sama dengan lebih dari setengah pekerjaan kita laksanakan.
Yang Kedua ialah Organisasi. Menurut Wiki Organisasi ialah Suatu wadah dimana isinya sekelompok orang yg memiliki tujuan yang sama serta ingin mencapai tujuan tersebut. Jadi Pengorganisasian itu fungsinya untuk membagi" pekerjaan. Bukan berarti kita tidak fokus dengan suatu pekerjaan. Namun dalam pengorganisasian inilah kita dapat memecah satu permasalahan kepada seluruh anggota untuk diselesaikan bersama. Tentu dalam Organisasi kita harus memiliki Pemimpin atau leader untuk tim kita. Guna menyatukan pemikiran anggotanya yg pasti berbeda" dan mampu mengambil jalan yg tepat atau mampu menentukan pendapat terbaik. seorang leader harus mampu mengenal sifat dan watak dari anggotanya. Dari situlah seorang leader dapat menentukan tugas yg cocok untuk anggota - anggotanya..
Kemudian yang ketiga ialah actuating atau pelaksanaan atau penggerakan. Penggerakan diartikan sebagai fungsi Manajemen Proyek untuk menggerakan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yyang telah ditetapkan didalam planning. Jadi disini juga diperlukan fungsi dari seorang leader. Karna penggerakan akan terlaksana apabila seorang leader dapat mengarahkan serta membina anggotanya untuk melakukan hal yang sesuai dengan sifat atau karakteristik per individu.
Kemudian yang terakhir ialah Pengendalian. Menurut Wiki Pengendalian itu ialah didefinisikan sebagai suatu proses, yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia dan sistem teknologi informasi, yang dirancang untuk membantu organisasi mencapai suatu tujuan atau objektif tertentu. jadi, Kegiatan yg telah kita lakukan itu harus terjamin ketepatannya. Guna menyesuaikan hal yang telah di rencanakan dengan hal yang telah dilaksanakan. Controlling ini sendiri tidak jauh berbeda artiannya dengan evaluasi. Jadi dari usaha apapun yg telah kita lakukan akan dievaluasi guna meminimkan kesalahan yang terjadi. Dan Orang yang memberi tugas dalam hal ini pun merasa puas dengan tugas yang telah diberikan
Dari sistem manajemen Proyek, Kita mengetahui apa itu program dan proyek. Ternyata 2 hal itu berbeda.
Jika Program itu perencanaan, maka Proyek itu pelaksanaan. Lebih panjang lihat gambar berikut :
Serta perbandingan Proyek dan Program
Struktur Proyek
Semuanya telah disusun dalam planning (Program Kerja)
Kemudian kita laksanakan
Setelah itu di evaluasi untuk mencari kekurangan dalam hal yang telah kita laksanakan tersebut
Konsep Manajemen.
Manajemen itu sendiri ialah kegiatan memimpin atau mengendalikan kegiatan anggota organisasi guna mencapai tujuan bersama dalam organisasi.
Defenisinya dipublikasikan oleh kerzner pada tahun 1982.
Semoga bermanfaat
G. Hasil dan Kesimpulan
Saya telah menerangkan bagaimana pentingnya dari Prinsip Manajemen Proyek ini. Semoga dengan ini banyak pekerja baik disemua bidang mau menerapkan Prinsip manajemen Proyek.
Mungkin hanya itu yg dapat saya sampaikan
Semoga bermanfaat
Banyak maaf atas kesalahan pengetikan tataletak dll
Wassalamualaikum Wr.Wb
H.Referensi
http://203.130.243.185/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/KONSEPSI%20MANAJEMEN%20PROYEK%20DI%20BIDANG%20IT.pdf
http://dymaslawula.blog.st3telkom.ac.id/wp-content/uploads/sites/41/2014/12/21615049.png
https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_intern
Komentar
Posting Komentar
Untuk Kritikan, Saran, dan Komentar bisa disampaikan di kolom komentar dibawah
Semoga bermanfaat!!