Langsung ke konten utama

Lapisan Lapisan OSI



   Assalamualaikum wr.wb
 Sekarang saya akan share tentang 7 lapisan atau layer OSI



Dari Osi nya sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Yang juga biasa disebut " Model 7 lapis OSI " Merupakan sebuah model jaringan arsitekturral yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization atau ISO di Eropa


Langsung saja kita masuk ke penjelasan satu persatu lapisannya....
 
  1. physical Layer berfungsi untuk mendefinisakan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan,(seperti halnya ehternet atau tokenring) , topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu juga mengidentifikasikan bagaimana Network INterface Card (NIC) dapat   berinteraksi dengan media kabel atau radio.
  2.   Data link layer  berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai Frame, selain itu pada level ini terjadi koreksi kesalahan,flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya media acses control Adress<MAC Adress>) dan menentukan bagaimana perangkat -perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater dan switc layer dua berofrasi sfesisikasi IEEE 802 membagi level ini menjadi  dua level anak yaitu Lapisan Logikal Link  Control<LLC> dan Lapisan Media Acses Control <MAC>.
  3. Network layer berfungsi untuk menidentifikasi alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet working denganmenggunakan router&switc layer-3.
  4. Transport layer berfungsi untuk memecah data ke dalam ppaket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali ke nomor tujuan setelah diterima. Selain itu pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan suxesdan mentransmisikan ulang terhadap paket yang hilang di tengah jalan.
  5. Session layer berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau dihancurkan. Selain itu juga dilakukan resolusi nama.
  6. Presentation layer berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak di tranmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditranmiskan melalui jaringan. Protokol yang berada di level ini  adalah perangkat lunak redisektor <redirektor software> seperti layanan workstation <dalam Windows NT> dan juga network shel <semacam virtual network computering (VNC)> atau remote Deskop Protokol (RDP).
  7. Aplication layer  berfungsi sebagai antar muka aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan kesalahan. Protokol yang berada di lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP dan NFS.
    Jadi Kesimpulannya ialah : Osi itu ialah singgkatan dari Open system Interconnection. Yang dikembangkan oleh ISO di Eropa. Osi sendiri terdiri dari 7 lapisan mulai yang dari paling bawah ialah, Physical, DataLink, Network, Transport, Session, Presentation, Aplication.  Yang memiliki fungsinya masing - masing.



Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI

https://www.google.com/search?site=&tbm=isch&source=hp&biw=1360&bih=611&q=lapisan+osi&oq=lapisan+osi&gs_l=img.3...16323.18339.0.18619.11.8.0.0.0.0.0.0..0.0....0...1ac.1.64.img..11.0.0.ZtLbitSHPRA#imgrc=S-TPmbCNrLWZRM%3A

    Mungkin Itu saja yang dapat saya bagi pada post kali ini
  Semoga bermanfaat untuk sobat pelajar
Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengganti hostname menggunakan CLI di Cisco Packet Tracer

      Assalamualaikum Wr.Wb    Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara mengganti hostname di Cisco Packet Tracer A. Pengertian   Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. Kemudian Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. B. Latar Belakang   Kesulitan untuk menentukan perangkat mana yang ber

Cara ISP memberikan IP DHCP Pada Clientnya Di Cisco Packet Tracer

           Assalamualaikum Wr.Wb      kali ini saya ingin share mengenai bagaimana kerja ISP untuk memberikan DHCP kepada Clientnya di Cisco Packet Tracer A. Pengertian Penyelenggara jasa Internet ( PJI ) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP ) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Protokol Konfigurasi Hos Dinamik (PKHD) (bahasa Inggris: Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang

Menghubungkan smartphone satu ISP di Cisco Packet Tracer

    Assalamualaikum Wr.Wb   Kali ini saya ingin share penemuan baru dan ini tidak ada di google juga tidak ada referensi sebelumnya... Alias ini Firts on google dan bisa dijadikan referensi A. Pengertian Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. B. Latar Belakang   Bagaimana bisa menghubungkan perangkat smartphone satu ke yang lain berbeda daerah atau tempat namun satu isp C. Maksud dan Tujuan Agar kita memahami bagaimana cara menghubungkan satu smartphone ke smartphone lainnya D. Per